SMK TELKOM DARUL ‘ULUM JOMBANG

Pendirian SMK Telekomunikasi Darul Ulum

     SMK Telekomunikasi Darul Ulum didirikan pada tahun 1996 atas kerja sama Yayasan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang dibawah pimpinan KH As’ad Umar dengan PT Telekomunikasi Indonesia, tbk. yang saat itu dipimpin oleh Ir. Kristiono. Pendirian SMK Telkom Darul Ulum ini didorong oleh keinginan besar yayasan darul ulum untuk meningkatkan kualitas SDM lulusan pondok pesantren dengan mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan Unggulan. Setelah sebelumnya yayasan darul ulum berhasil mendirikan SMU Unggulan Darul Ullum dengan bekerja sama dengan BPPT Jakarta. Diharapkan lulusan SMK Telkom Darul Ulum mampu memenuhi kebutuhan industri telekomunikasi yang sedang sangat berkembang saat itu

  1. Kompetensi Kaplan
    • Elektronika dan Komunikasi + Teknik Informatika  (1996-2001)
    • Teknik Informatika (2002-2004)
    • Rekayasa Perangkat Lunak dan  Jaringan Komputer (2005)
    • Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) dan Multimedia (MM) (2006-sekarang)
    •  Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) (2009 – sekarang)
  2.  Akreditasi

Pada tahun 2006 SMK Telekomunikasi Darul Ulum mendapatkan sertifikat sebagai Sekolah berstandar Nasional dan pada tahun 2007 mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional untuk sekolah menengah kejuruan dengan nilai tertinggi di kabupaten Jombang.

  1. Kurikulum

Kurikulum  yang digunakan SMK Telekomunikasi Darul Ulum mengacu pada kurikulum yang ditetapkan oleh DirjenPendidikan Menengah Kejuruah Departemen Nasional Indonesia untuk sekolah kejuruan Teknologi Informasi dengan pendekatan kurikulum berbasis kompetensi. ditambah dengan program keahlian khusus bidang telekomunikasi dan kurikulum pendidikan agama khas pondok pesantren darul ulum. Selain mendapatkan Ijazah dari Departemen Pendidikan Nasional lulusan SMK Telkom Darul Ulum juga akan memperoleh Ijazah Pondok Pesantren Darul Ulum.

4. Fasilitas
* Asrama santri (putra dan putri) diasuh oleh Kyai dan Bu Nyai PP Darul Ulum.
* Tempat Ibadah (Masjid dan Musholla).
* Tempat Olahraga (sepakbola, basket, tenis meja, badminton, volley) .
* Laboratorium (Hardware, Pemrograman, Jaringan, Multimedia, Elektronika Dasar dan Sistem Telekomunikasi,  Bahasa inggris dan Arab).
* Cafetaria

5. Ekstrkurikuler
* BLITCS (beginer learner IT Community Of SMK Telkom DU) / TOKI (Tim Olimpiade Komputer Indonesia)
* Seni Baca Alquran/Qiroah
* Banjari/Sholawatan Club
* Olah Raga

6. Prestasi

Akademik: Peringkat I Nilai rata-rata UAN SMK Kabupaten Jombang  dan 5 Besar Jawa Timur. Finaslis Lomba Cipta Elektronika Nasional di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Juara II Lomba Website Tingkat Nasional di UIN Jogja, Juara II Lomba Website Propinsi di Poltek Negeri Malang, Juara II LKTI Propinsi di IAIN Surabaya, Juara I Lomba Mr Techno di UNIJOYO, dll

Non akademik: pekan olah raga (sepak bola dan volley), festival Sholawat, dll.
7. Prospek Lulusan

Alumni SMK Telkom Darul Ulum banyak terserap pada dunia industri khususnya industri telekomunikasi (PT Telkom, PT Excelcomindo, PT Indosat, PT Telkomsel, PT PJTKI, dll) maupun diterima di Perguruan Tinggi Favourite di Indonesia (STT Telkom Bandung, ITS, Unair, Unibraw, Unej, UGM, dll).
8. Kerja sama

Dalam rangka program Pendidikan Sistem Ganda (PSG), SMK Telkom menjalin kerja sama dengan seluruh kantor PT Telkom Indonesia di bawah lingkungan kerja Divisi Regional V Surabaya. dan perusahaan telekomunikasi lainnya.
9. Beasiswa

SMK Telkom Darul Ulum membebaskan SPP tiap semester untuk yang memiliki prestasi akademik (untuk rangking 1 dibebaskan biaya selama 1 semester penuh, sedangkan untuk rangking 2 hanya setengah semester )di kelasnya dan juga disediakan beasiswa dari yayasan Darul Ulum untuk siswa yang tapi tidak mampu.

SEMUT COMUNITY OF SMK TELEKOMUNIKASI DARUL ‘ULUM JOMBANG

Sumber : http://www.smktelkomdu.sch.id


One thought on “SMK TELKOM DARUL ‘ULUM JOMBANG

Leave a comment