Operating System

Pengertian Operating System

Sistem operasi merupakan sekumpulan dari beberapa perintah atau intruksi dari program pengendalian komputer yang sudah dibuat oleh pabrik komputer. Pembuatan sistem operasi harus mempertimbangkan cara kerja dari perangkat keras dan lunak yang beredar saat ini. Saat komputer kita hidupkan, BIOS (Basic Input Output System) komputer akan memeriksa semua perangkat keras yang terpasang di dalam motherboard. Program ini disimpan dalm chip IC yang disebut ROM (Read Only Memory) dan selalu bekerja mengontrol hardware yang terpasang pada motherboard

Sistem operasi komputer yang sering digunakan di Indonesia adalah PC-DOS dan MS DOS. PC DOS dibuat oleh pengusaha Microsoft Corporation. Sistem ini dibuat dengan DOS (Disk Operating System). DOS merupakan kumpulan dari beberapa perintah dalam komputer yang berperan untuk mendukung dan menyatukan kerja perangkat keras dengan perangkat lumak dalam satu sistem sehingga semua perangkat yang ada di dalam komputer dapat kerja secara teratur.

Macam – macam Operating System

  • DOS adalah singkatan dari Disk Operating System. DOS merujuk pada
    perangkat sistem operasi yang digunakan di banyak komputer yang
    menyediakan abstraksi dan pengelolaan perangkat penyimpan sekunder dan
    informasinya. Misalnya penggunaan sistem file yang mengelola file-file yang ada
    pada perangkat penyimpan.
  • Sistem Operasi IBM OS/2 adalah sistem operasi yang kelahirannya dibidani oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation. Tujuan penggunaan dari sistem operasi ini adalah dikhuruskan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS.
  • UNIX adalah sistem operasi yang mula-mula dikembangkan oleh suatu
    kelompok di AT & T pada laboatorium Bell. Unix banyak digunakan baik untuk
    server maupun workstation.
  • Micosoft Windows atau orang lebih sering menyebut Windows saja pada
    awalnya hanyalah add-on dari MS-DOS karena tingginya tuntutan pada sistem
    operasi yang berbasis GUI.
  • Apple Mac OS : Mac OS adalah sistem operasi berbasis GUI. Apple
    merupakan pelopor dalam penggunaan GUI pada sistem operasi. Penggunaan
    icon, mouse dan beberapa komponen GUI merupakan sumbangan yang luar
    biasa bagi perkembangan sistem operasi berbasis GUI.
  • Linux sangat mirip dengan sistem-sistem UNIX, hal ini dikarenakan
    kompatibilitas dengan UNIX merupakan tujuan utama desain dari proyek Linux.
  • Chrome OS adalah Sistem Operasi besutan Google yang ringan dan berbasis Linux dan standard web untuk personal computer PC. Google Chrome bekerja dengan metode Windowing atau switching (Multi-Tasking). Google Chrome OS menggunakan standard web HTML 5, yang merupakan pengembangan software di browser yang berbasis Sistem Operasi.

Kegunaan System Operasi

Secara umum fungsi Kegunaan System Operasi yaitu :

  • MULTI TASKING: memungkinkan beberapa program sekaligus diproses pada saat bersamaan di sebuah komputer dengan single user.
  • MULTIPROGRAMMING: memungkinkan beberapa program menggunakan resources komputer pada saat waktu yang bersamaan bergantian (cth: proses memasukan data, melakukam cetak pada printer)
  • TIME SHARING: memungkinkan beberapa pemakai komputer menggunakan CPU bersamaan dan CPU akan memberikan waktunya bergantian kepada user untuk melayaninya.
  • MULTIPROCESSING: memungkinkan beberapa CPU bekerja besama-sama secara paralel dalam suatu sistem.

Pengertian Kernel

Kernel merupakan sebuah program yang merupakan inti dari sistem operasi komputer. Ia memiliki kontrol penuh atas segala sesuatu yang terjadi dalam sistem. Sebuah kernel dapat dibandingkan dengan shell (seperti bash, csh atau ksh dalam sistem operasi mirip Unix), yang merupakan bagian terluar dari sistem operasi dan program yang berinteraksi dengan perintah pengguna.

Kernel sendiri tidak berinteraksi langsung dengan pengguna, melainkan berinteraksi dengan program shell dan lainnya serta dengan perangkat hardware pada sistem, termasuk prosesor (juga disebut central processing unit atau CPU), memori dan disk drive.

Ada 4 kategori kernel:

  1. Monolithic kernel. Kernel yang menyediakan abstraksi perangkat keras yang kaya dan tangguh.
  2. Microkernel. Kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil abstraksi perangkat keras sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut sebagai server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya.
  3. Hybrid (modifikasi dari microkernel). Kernel yang mirip microkernel, tetapi ia juga memasukkan beberapa kode tambahan di kernel agar ia menjadi lebih cepat.
  4. Exokernel. Kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi hardware, tapi ia menyediakan sekumpulan pustaka yang menyediakan fungsi-fungsi akses ke perangkat keras secara langsung atau hampir-hampir langsung.

Perbedaan dari Windows, UNIX (LINUX), dan Mac

Secara umum Windows : Game, Linux : Development, Mac : Design. Berikut ini perbedaan antara windows, linux dan mac sebagai berikut :s

  1. Berdasarkan Lisensi
    Windows   : Tidak gratis
    Linux         : Bersifat gratis karena pendistribusiannya di bawah lisensi GPL (Gnu Public License)
    Mac OS     : Tidak gratis (mahal)
  2. Berdasarkan Open Source

Windows   : Tidak
Linux         : Ya
Mac OS     : Tidak

  1. Berdasarkan Keunggulan

Windows   : Untuk Game
Linux         : Untuk Server
Mac OS     : Untuk Grafis

  1. Berdasarkan Perawatan

Windows   : Biaya maintenance tinggi
Linux         : Biaya maintenance rendah
Mac OS     : Biaya maintenance sanggat tinggi

  1. Berdasarkan Kepemilikan lisensi

Windows   : Microsoft
Linux         :  Independetn
Mac OS     : Apple

  1. Berdasarkan Support Aplikasi Pihak Ketiga

Windows   :  Paling banyak compatible-nya
Linux         : Cukup banyak Di bawah windows
Mac OS     : Sangat sedikit

  1. Berdasarkan Ketahanan terhadap virus

Windows   : Sangat Sering terkena virus tetapi bisa mencegahnya dengan software anti virus

Linux         : Lebih Aman  Dari Windows
Mac OS     : Tidak mudah terkena virus (Dirancang dengan security oriented, Mac OS tidak diganggu oleh serangan konstan dari PC virus dan malware)

  1. Berdasarkan Penggunaan hardware

Windows   : Kompatibel
Linux         : Kompatibel
Mac OS     : Tidak  Kompatibel Kerena starategi monopoli Apple.

Cara Operating System Bekerja pada Komputer

Ketika menghidupkan daya ke komputer, program pertama yang berjalan biasanya satu set instruksi disimpan dalam memori hanya-baca komputer (ROM). Kode ini memeriksa perangkat keras sistem untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Ini power-on self test (POST) memeriksa CPU, memori, dan dasar input-output sistem (BIOS) untuk kesalahan dan menyimpan hasilnya dalam lokasi memori khusus. Setelah POST telah berhasil menyelesaikan, perangkat lunak yang dimuat dalam ROM (kadang-kadang disebut BIOS atau firmware) akan mulai mengaktifkan disk drive komputer. Pada komputer modern kebanyakan, saat komputer akan mengaktifkan drive hard disk, ia menemukan potongan pertama dari sistem operasi: bootstrap loader.

Bootstrap loader adalah program kecil yang memiliki fungsi tunggal: Ini beban sistem operasi ke memori dan memungkinkan untuk memulai operasi. Dalam bentuk paling dasar, bootstrap loader menyiapkan program driver kecil yang antarmuka dengan dan mengendalikan berbagai subsistem perangkat keras komputer. Ini set up divisi memori yang memegang sistem operasi, pengguna informasi dan aplikasi. Ini menetapkan struktur data yang akan memegang berbagai sinyal, bendera dan Semaphore yang digunakan untuk berkomunikasi di dalam dan antara subsistem dan aplikasi komputer. Kemudian ternyata kontrol dari komputer ke sistem operasi.

Tugas sistem operasi, dalam arti paling umum, jatuh ke dalam enam kategori :

  • prosesor manajemen
  • manajemen memori
  • manajemen perangkat
  • manajemen penyimpanan
  • aplikasi antarmuka
  • antarmuka pengguna

Meskipun ada beberapa yang berpendapat bahwa sistem operasi harus melakukan lebih dari enam tugas, dan beberapa sistem operasi vendor membangun program utilitas yang lebih banyak dan fungsi tambahan ke dalam sistem operasi mereka, enam tugas menentukan inti dari hampir semua sistem operasi. Selanjutnya, mari kita lihat alat sistem operasi digunakan untuk melakukan masing-masing fungsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s